Rabu, 27 Mei 2009

Google Tak Suka Facebook

Seperti yang diketahui, Google merupakan perusahaan yang menjadi raja atas search engine, dengan mendominasi popularitas di atas Yahoo Inc. dan Microsoft Corp. Namun, kini tampaknya Google mulai gelisah, seiring dengan berkembangnya situs jejaring social seperti Facebook
yang memberikan fasilitas lebih dari sekedar search engine. Sekarang ini banyak orang mencari saran secara online setiap harinya, dan list link standard Google tampaknya belum memberikan kepuasan tersendiri bagi pengguna search engine. Sebagai contoh, ketika user ingin mencari restoran, maka situs jejaring social atau situs review restoran ternama memiliki kelebihan tersendiri dalam menampilkan informasinya. Menurut Google Group Product Manager, Ken Tokusei, Senin (25/5), hal itulah yang menjadi kelemahan dari hasil pencarian Google.

Pengguna Internet memerlukan informasi yang lengkap dan spesifik. Seperti sebuah situs pencarian, WolframAlpha yang diluncurkan di awal bulan ini, mampu mengkombinasikan data Internet dan menganalisanya untuk menyediakan jawaban pencarian yang spesifik untuk query, daripada hanya sekedar list situs-nya. Namun, Tokusei tetap optimis dan mengatakan bahwa pihaknya akan selalu menyediakan beberapa link ke halaman di hasil pencarian Google untuk informasi lebih lanjut.

Sementara itu, Google juga telah mengembangkan tool dan layanannya, mulai dari system operasi mobile hingga ke word processor online, namun hal tersebut harus menggunakan 70 persen karyawan dan resource yang ada untuk membuatnya. Google merasa masih harus leih berjuang dalam menghadapi komeptisi yang keras, seperti dari rival tradisionalnya, termasuk Microsoft dan Yahoo, juga cikal bakal dari Facebook.(h_n)



0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates