Selasa, 16 Juni 2009

Jadi Favorit, Spanyol Tak terbebani


Jauh-jauh hari, berbekal status juara Euro 2008, Spanyol disebut-sebut menjadi favorit kuat untuk menjuarai Piala Konfederasi 2009 yang berlangsung di Afrika Selatan. Kemenangan besar yang ditoreh Fernando Torres di partai perdana mereka saat menghajar Selandia Baru lima gol tanpa balas kian mendukung status tersebut.

Pelatih Tim Matador, Vicente del Bosque sadar dengan ekspektasi tersebut. Namun, mantan pelatih Real Madrid berusia 58 tahun itu mengaku ia dan timnya tidak merasa terbebani dengan status tim favorit. Akan tetapi, Del Bosque pun menegaskan jika Torres dkk tidak akan bersikap sombong dan jumawa.

“Kami normal-normal saja jika disebut tim favorit. Sebab, kami mempunyai sejumlah pemain berkualitas yang tahu diri dan tak mau bersikap sombong,” ujarnya seperti yang dikutip AFP. “Selama ini dalam turnamen, Spanyol selalu bersikap pesimis. Kini, kami optimistis. (Tapi) Kami pun harus menyadari apa yang menjadi tanggung jawab kami,” tegasnya.

Kemenangan atas All Whites, julukan Selandia Baru, memperpanjang rekor tak terkalahkan yang dimiliki Tim Matador menjadi 33 pertandingan, atau hanya terpaut dua partai dengan rekor Timnas Brasil yang dicatat di periode 1993-1996. Di mata Bosque, torehan Tim Samba itu bakal lebih memotivasi timnya. Meski demikian, Bosque mengklaim jika target utama Torres kali ini adalah melaju ke babak semifinal.

Keberhasilan Tim Spanyol tidak lepas dari kontribusi enam pemainnya yang berkecimpung di Liga Premier Inggris. Lima di antara mereka adalah pemain Liverpool, seperti Torres, Xabi Alonso, Albert Rieira, Alvaro Arbeloa, dan Pepe Reina. Satu pemain lainnya adalah kapten Arsenal, Francesc Fabregas.

Karena itu, Del Bosque menyampaikan penghargaannya kepada premiership. “Kiprah mereka di ajang Liga Premier salah satu faktor di balik keberhasilan timnas. Performa mereka di lapangan sangat terbantu dengan pengalaman mereka di sana (Inggris). Gaya atau pola permainan yang berbeda itu mereka tambahkan ke dalam timnas,” terang Del Bosque.

Kemenangan lawan Irak, Rabu (17/6) malam nanti akan memastikan langkah Spanyol ke babak empat besar. Di semifinal, kemungkinan besar, Torres dkk akan berhadapan dengan salah satu dari dua tim raksasa dunia, Brasil atau Italia.

1 Comment:

  1. Anonim said...
    Yup, Spanyol memang pantas jadi favorit juara ...

Post a Comment



By :
Free Blog Templates