Kamis, 18 Juni 2009

Kemenangan Kedua Brasil


Tanpa kesulitan yang berarti Brasil meraih kemenangan kedua setelah menundukkan Amerika Serikat 3-0 (2-0) dalam lanjutan babak penyisihan Grup B Piala Konfederasi 2009 yang berlangsung di Loftus Versfeld Stadium, Pretoria, Afrika Selatan (Afsel), Kamis (18/6) sore waktu setempat. Ketiga gol kemenangan Tim Samba dihasilkan dari sundulan kepala Felipe Melo di menit ketujuh, Robinho di menit ke-20 dan Maicon di menit ke-62.

Meski telah berhasil meraih dua kemenangan dan bertengger di puncak klasemen grup, Brasil belum dapat dipastikan lolos ke babak semifinal. Andaikata dalam beberapa jam ke muka Italia minimal bermain imbang dengan lawannya, Mesir di Coca-Cola Park, Johannesburg, Kaka dkk dipastikan meraih tiket ke empat besar. Namun, andaikata The Pharaohs mampu menggulingkan Gli Azzurri, maka dua tiket dari Grup B akan ditentukan dari hasil partai terakhir yang digelar bersamaan pada Minggu (21/6).

Sejak kick-off babak pertama dibunyikan wasit Massimo Busacca (Swiss), Brasil yang menurunkan trio Kaka, Robinho dan Luis Fabiano di lini depan langsung mengambil inisiatif penyerangan. Hasilnya, di menit ketujuh memanfaatkan tendangan bebas yang diambil Maicon, sundulan gelandang Fiorentina, Felipe Melo, menjebol gawang AS yang dijaga Tim Howard. 1-0 untuk Brasil.

Unggul tak membuat anak-anak asuhan Carlos Dunga mengendurkan daya dobraknya. Di menit ke-20, memanfaatkan kesalahan DaMarcus Beasley yang gagal mengontrol bola hasil sodoran kapten Landon Donovan, Brasil melakukan serangan balik yang sangat cepat. Kaka mengirimkan umpan kepada Ramirez yang melakukan akselerasi di sektor kiri pertahanan AS. Melihat Robinho yang tak terkawal, Ramirez segera menyodorkan umpan mendatar. Tanpa kesulitan, striker Manchester City ini mengelabui Howard. 2-0 untuk Brasil.

Tiga menit kemudian, Kaka membuang peluang emas. Setelah melakukan solo-run, tendangan kaki kirinya di dalam kotak penalti hanya membentur jaring gawang bagian luar. Brasil terus menerus memborbardir pertahanan AS. Di menit ke-37, tendangan Fabiano terlalu lemah. Beberapa detik kemudian, AS membalas lewat sundulan Clint Dempsey yang masih melebar. Lima menit sebelum jeda, giliran sundulan Gilberto da Silva meneruskan crossing Maicon yang meluncur di atas mistar gawang Howard. Sampai jeda, skor 2-0 tetap tidak berubah.

Di awal babak kedua, AS mencoba mengejar ketinggalan. Tiga menit berlalu, striker Jozy Altidore mendapat peluang emas ketika tembakannya masih menyamping. Di menit ke-55, tembakan Kaka dari luar kotak penalti dengan gemilang ditepis Howard. Beberapa saat kemudian, gelandang Chivas USA, Sascha Kljestan diganjar kartu merah karena melakukan tekel keras terhadap Ramires.

Surplus pemain otomatis membuat Brasil mendominasi jalannya pertandingan. Di menit ke-63, lewat kerja sama yang cantik dengan Ramires dan Kaka, bek Inter Milan, Maicon, menjebol gawang Howard lewat tendangan keras kaki kanannya. 3-0 untuk Brasil. Setelah itu, Dunga lebih memilih mempertahankan keunggulan dengan menarik Kaka dan Fabiano. Di 10 menit terakhir, AS mendapat dua peluang ketika tendangan pemain pengganti, Benny Feilhaber dan Conor Casey hanya membentur mistar gawang Julio Cesar. Skor 3-0 tetap bertahan sampai peluit akhir dibunyikan.

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates